Pendidikan Agama Islam

666

VISI PAI

Menjadi Program Studi Pendidikan Agama Islam yang unggul dan terdepan di Sumatera Utara dalam menyiapkan tenaga pendidik Agama Islam yang memiliki ilmu pengetahuan, wawasan islami dan kompetensi yang unggul serta berakhlak mulia pada tahun 2022.

MISI PAI

  1. Melaksanakan pembelajaran yang berkualitas, efekktif, efisien, inovatif, kreatif dan terarah untuk menghasilkan lulusan tenaga penddik agama islam yang berkualitas.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya di bidang PAI melalui penelitian yang akuntabel dan dapat dipertanggung jawabkan.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang bersifat mendidik dan koproaktif dalam memecahkan permasalahan Pendidikan Agama Islam yang berkembang di masyarakat.
  4. Memeberikan kontribusi nyata bagi sekolah-sekolah, khususnya di bidang Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan kopetensi dan profesionalisme guru PAI.

TUJUAN PAI

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang PAI, berjiwa profesional dan berakhlak mulia sehingga mampu berkontribusi di masyarakat khususnya di bidang PAI, melalui kurikulum yang disusun berdasarkan KKNI.
  2. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Agama Islam yang memiliki kemampuan memecahkan masalah-masalah Pendidikan Agama Islam di masyarakat serta menjadi masyarakat Islam yang cerdas dan terdidik.
  3. Melibatkan sivitas akademika prodi PAI dalam penelitian untuk memperkaya khazanah keilmuan di bidang PAI.
  4. Meningkatkan kontribusi sivitas akademika prodi PAI dengan berbagai pihak di masyarakat, khususnya pengguna lulusan PAI.

SASARAN PAI

  1. Sarjana Pendidikan Agama Islam (PAI) yang memiliki penguasaan ajar dan metodologi pembelajaran PAI di sekolah/madrasah
  2. Sarjana Pendidikan Agama Islam (PAI) yang memiliki kemampuan dalam pembelajaran PAI dan memiliki integritas diri, keteladanan, kreatif dan inovatif
  3. Sarjana Pendidikan Agama Islam (PAI) yang mampu melakukan penelitian dibidang Pendidikan Agama Islam untuk memperkaya khazanah keilmuan di bidang PAI
  4. Sarjana Pendidikan Agama Islam (PAI) yang memiliki kemampuan interaksi, komunikasi dan berjenjang dengan lembaga dan msyarakat