Tentang STAI – DA

Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Arafah

666

Sekolah Tinggi ini diberi nama dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Darularafah disingkat dengan STAI-DA yang bernaung di bawah koodinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta Wilayah IX. STAI-DA di dirikan dan diresmikan pada tanggal 8 Mei 1988, kemudian diresmikan dengan SK Pendirian No 983/III/TKSXII/88 pada tanggal 27 Desember 1988 dimana pejabat yang menerbitkan SK tersebut adalah Drs. H. A. Nazri A Diani dan berkedudukan di desa Lau Bakeri, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang. STAI-DA juga melaksanakan program Spesialisasi Pendidikan Agama Islam dengan berpedoman kepada IAIN Sumatera Utara.

Yayasan Pesantren Darul Arafah Raya selaku badan hukum penyelenggara, pembina dan penanggungjawab atas keberadaan, pembangunan dan pengembangan STAI-DA Deli Serdang. STAI-DA Deli Serdang adalah lembaga Perguruan Tinggi Keagamaan Isslam (PTKI). STATUTA STAI-DA adalah pedoman dasar penyelenggaraan kegiatan yang di pakai sebagai acuan dalam penyusunan perencanaan, pengembangan program dan kegiatan fungsional sesuai dengan tujuan STAI-DA Deli Serdang. Dimana berisi dasar yang dipakai sebagai rujukan pengembangan peraturan umum, peraturan akademik dan standar prosedur operasional yang berlaku.

Pendidikan Agama Islam

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse quis elit vitae.

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse quis elit vitae.

Hukum Keluarga (Ahwal Al Syakhshiyah)

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse quis elit vitae.

Bahwa tujuan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa menjadi tugas lembaga pendidikan termasuk STAI Darul Arafah Deli Serdang sebagai perguruan tinggi yang mandiri yang berkedudukan di Kabupaten Deli Serdang.

STAI Darul Arafah Deli Serdang menempatkan diri sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, bertujuan mencerdaskan bangsa yang mandiri, cerdas dengan keterampilan dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi, berakhlak dalam sikap dan perilaku, berjiwa kebangsaan dalam pandangan global, dan bersemangat kewirausahaan melalui pengelolan perguruan tinggi dengan paradigma baru, yaitu perguruan tinggi yang mandiri, akuntabilitas, dan bermutu.

Bahwa untuk mencapai tujuan tersebut STAI Darul Arafah Deli Serdang menjalankan fungsi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan pendekatan profesional. Segala sumber daya diberdayakan dan dikembangkan melalui wawasan kebangsaan dengan visi global untuk memandirikan masyarakat dan bangsa Indonesia dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat serta kesejahteraan umat manusia.

Bahwa STAI Darul Arafah Deli Serdang menjunjung tinggi semangat bersaing yang sehat dan beretika dalam pencapaian tujuan, baik dalam proses belajar-mengajar, karya ilmiah, maupun penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pada masyarakat.